Minggu, 31 Januari 2010

Saat Kamu Unjuk Gigi

Pengen punya senyum cemerlang kayak bintang iklan pasta gigi yang ada di tivi? Bisaaaaa.... Tapi, rawat dulu dong gigimu! Caranya? Gampang... lakukan saja langkah-langkah di bawah ini. Selamat mencobaaa.... ?

1. Selalu pakai sedotan kalau mau minum kopi, teh atau minuman bersoda. Supaya minuman itu nggak melakukan kontak langsung ke gigi kita. Secara ya, zat-zat yang yang terkandung di dalamnya ampuh banget untuk merusak gigi secara maksimal.

2. Doyan makan strawberry? Baguus.... Soalnya, strawberry itu mengandung pemutih gigi yang sangat spesial, loh. Caranya gampang, kok. Hancurkan strawberry, trus tempelkan deh ke gigi kita selama satu sampai dua menit. Abis itu, gosok gigi secara menyeluruh sampai bersih.

3. Banyak-banyaklah makan buah dan sayuran yang mengandung pemutih gigi alami. Seperti, apel, wortel, seledri yang sangat efektif membersihkan dan memutihkan gigi.

4. Bete banget ya, kalau di gigi kita ada noda dan plak yang merusak keindahan gigi. Eits, jangan panik dulu! Kita bisa menggunakan brokoli, daun selada dan bayam untuk mencegah munculnya noda itu di gigi, kok.

5. Cara paling klasik untuk membuat gigi tetap bersih adalah rajin menggosok gigi. Minimal tiga kali sehari dan dilakukan setelah makan. Tapi, kita juga harus berhati-hati dalam menyikat gigi, loh. Soalnya, menggosok gigi terlalu keras bisa membuat gigi jadi abrasi dan rusak. Makanya, jangan pernah menyikat gigi lebih dari dua menit, ya!

6. Ingat! Gunakan selalu pasta gigi yang bertuliskan ADA. Hal itu menandakan kalau pasta gigi tersebut mengandung fluoride yang ampuh untuk mencegah gigi berlubang dan mencegah kerusakan gigi.

7. Berhenti merokok! Yup... kandungan nikotin dalam rokok, punya potensi sangat besar untuk membuat gigi kita jadi kuning. Nggak asyik banget ya, kalau sudah berpenampilan keren, tapi giginya kuning dan nafasnya bau lagi. Hiii....

8. Gunakan benang gigi (dental floss) secara rutin sekali sehari. Hal ini sangat manjur untuk mengangkat plak yang nggak terjangkau oleh sikat gigi dan obat kumur. Benang gigi ini bisa kita beli dengan mudah di apotik atau supermarket, kok.

9. Ini nih yang paling sering kelupaan, yaitu memeriksa gigi ke dokter setiap enam bulan sekali. Hal itu sangat penting untuk melihat apakah gigi kita benar-benar dalam keadaan baik. So, buang segala kebiasaan pergi ke dokter gigi, hanya di saat gigi terasa sakit, ya! (*DC/Ft:anekayess sumber)*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar