Sabtu, 24 Maret 2012

Android Ice Cream Sandwich

Jakarta - Sejak diluncurkan Oktober 2011, pendistribusian sistem operasi Android 4.0 terbilang lama. Masih sedikit gadget yang bisa mencicipi 'manisnya' Android berjuluk Ice Cream Sandwich (ICS) ini.

Memang, dalam laporan terbaru, persentase perangkat Android 4.0 telah mencapai lebih dari dua kali lipat dalam beberapa bulan terakhir, namun jumlah itu bahkan masih belum mencapai angka 2%.

Menurut data terbaru yang dirilis Google, hanya 1,6% dari semua perangkat Android yang menjalankan versi terbaru tersebut. Lebih jauh lagi, sebanyak 0,4% handset yang mengadopsi Ice Cream Sandwich versi 4.0-4.0.2, dan 1,2 % menjalankan versi 4.0.3.

Sementara versi paling populer dari Android adalah 2.3.3-2.3.7, yang merupakan versi terbaru dari Gingerbread. Sebab 'Roti Jahe' menyumbang 61,5% dari perangkat Android yang menjalankan platform tersebut.

Tepat di belakangnya adalah Android "Froyo" atau 2,2, yang menyumbang 25,3% dari semua perangkat aktif.

Android Honeycomb, versi 3,0-3,2 yang hanya digunakan untuk tablet, telah mencapai tingkat adopsi 3,3 %. Sementara itu, Android 2.1 (Eclair) masih ada yang menggunakan hingga 6,6%,

Sedangkan versi yang paling 'tua', yakni Android 1.6 (Donut) dan Android 1.5 (Cupcake) mulai lenyap karena hanya menyumbang kurang dari 1% saja. Demikian dikutip detikINET dari TG Daily, Kamis (22/3/2012).

Pada bulan Januari, terungkap bahwa hanya 0,6% dari perangkat Android yang mencicipi Ice Cream Sandwich, memang mengalami kenaikan, tapi naiknya sangat lambat.

Ice Cream Sandwich adalah salah satu update terbesar untuk Android, termasuk fitur seperti memindai wajah Anda untuk membuka kunci ponsel dan teknologi Near Field Communication (NFC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar